Tutorial Membuat Vektor kartun Wajah Pevita Pearce


Baik, pada kesempatan yang baik ini, alhamdulillah kita masih dalam keadaan baik 

Sebenarnya sudah banyak website yang membahas ini, tapi ya gapapa orang ini blog, blog gw juga. 

Semenjak adanya event Konferensi Asia-Afrika di Bandung, ada sisi baik yang kita bisa ambil dari sana. Sudut-sudut kota bandung terlihat dipenuhi oleh karya seni WPAP. WPAP itu sendiri adalah salah satu karya asli anak indonesia, yaitu graphic art yang berbasis vector.

Nah, kali ini saya mau memberikan tutorial bagaimana cara membuat vektor kartun wajah menggunakan aplikasi desain sejuta umat "Corel Draw". Sebelum kita menuju tkp ada beberapa hal yang saya harus sampaikan :

Corel draw versi apapun bisa digunakan, saya sendiri menggunakan versi x6, yg x7 agak ribet . 

Siapkan foto siapapun, mau keluarga, teman, mantan kalo ada . . 1 hal yg penting fotonya jangan yang bikin baper yaa . . 

yang ini jangan sampai ketinggalan, siapkan secangkir kopi panas. sruputt sek ben gayeng . 




Are You Ready ? Sir, Yes Sir. 

Mari kita mulai seperti biasa, buka corel draw, masukan photo yang telah kita siapkan, potong hingga rata, lalu tiriskan. Musik jangan ampe lupa, biar macu adrelanin.





RAHASIANYA DISINI

Kita disini akan menjadikan photo dalam bentuk poster, supaya mudah dalam mengambil pola warna. 

Klik pada photo, trus klik pada >> Menu >> Effect >> Transform >> Posterize. Sstt, ini adalah salah satu rahasia untuk mempermudah pemprosesan photo, sebab kalau kita kerja manual, susah & lama. 




Kurang lebih hasilnya seperti diatas, mau yang lebih greget tinggal set angkanya tinggi aja.

Untuk mempermudah kawan2x saya set pada angka 6, walaupun pada biasanya memang saya set pada angka segitu . . . saya tahu banyak dari kawan2x belum pada lincah << sombong :-(.






Kita simpan dulu hasil foto posterize-nya dibelakang gambar asli, (klik foto trus tekan "shift + pagedown" shorcut untuk menjadikan foto ada di paling belakang layar ). 

Untuk mempermudah pembentukan pola "Dalam Kasus Ini adalah Mata" lihat gambar diatas, agar objek lingkaran berada didalam pola mata maka kita menggunakan tool Intersect. 

Klik pola lingkaran bersama objek mata, lalu klik intersect, nah pola lingkaran kini sudah berada di dalam pola mata, lalu buang objek yang tidak dibutuhkan << kayaknya ribet banget yaa. 




Nah, selanjutnya klik tool bezier. 

Kita akan mulai pada bagian mata, Alur biasannya dari mata turun ke hati lalu hidung, trus mulut, kemudian wajah, Sebenarnya tidak ada patokan untuk memulainya, sekedar untuk mempermudah saja.




Taraa, hasilnya kurang lebih seperti ini, koq cepet ya? namanya juga tutorial, kalo lama ya entar gg cepet terbit postingannya. << Ok, ok





Untuk mempermudah proses colouring, saya sengaja membuat palette color. << dari mana tuh ? bikin sendiri dong. Dikomen mulu dari tadi gw. 

Ya memang gg harus sih. Ada yang make tool eyedroper, ngambil dari warna asli trus di tuangin di objeknya, Tapi kebanyakan warnanya jadi pudar, diliat pun gg sedap, makanya saya lebih interest bikin sendiri, biar ciamik. 





Nah itu hasilnya kayak diatas, ambil warna tuangin, ambil warna tuangin, tinggal main klik aja . . . 





Nah, nih udah muncul titik terangnya nih. Hmm, bibirnya kagak nahan vroh . . . mbak, njenengan koq ayu newen tho . . . 



Untuk proses colouring wajah sama juga pada sebelumnya, itu ada penambahan garis putih disisi kanan, biar keliatan lebih idup aja. 





Alhasil, ini proses jadinya, bisa dikasih efek bayangan, kota2x, dll. 

Ya masih simple sih, belum bisa dibilang expert. dulu saya gg bisa apa2x karya saya jelek banget. 

Ya, karena pingin nyoba2x akhirnya ketemu wesitenya mas ndop www.dzofar.com saya belajar banyak dari situ. 

Tidak ada yang gak bisa semua tergantung pada tujuan dan niat anda. Karena tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. 


Ya, saya cuma ingin berbagi, toh yang namanya ilmu gak bakalan abis kalo dibagi, malah nambah trus. Apabila di tutorial ini banyak kekurangannya mohon maap loh. 

Tunggu di edisi tutorial videonya. ok







~ artlistious

No comments:

Post a Comment

author
Artlistious.
Graphic Designer & Art Illustrator. Logo Brand, Packaging Design, Flyer & Leaflet, Poster, dll.